Rabu, 29 Juni 2022

Resume Pertemuan Ke-19 Pemasaran Buku

 

Resume Pertemuan Ke-19

Belajar Menulis:

Pemasaran Buku

Oleh

Maryani

 


 

Resume Pelatihan Belajar Menulis

Pertemuan                 : 19

Hari / Tanggal           : Rabu, 29 Juni 2022

Waktu                         : Pukul, 19.00 s.d. 21.00

Gelombang                 : 26

Narasumber              : Agus Subardana, S.E, M.M.

Moderator                 : Sigid Purwo Nugroho

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirahmanirahiim

Alhamdulillah teman-teman dalam pertemuan ke-19 ini Alloh masih berikan karunianya hingga dapat mengikuti pembelajaran menulis dengan baik. Pelatihan kali ini menghadirkan Narasumber dari Penerbit Andi

 

Hari ini Rabu, 29 Juni 2022, kita memasuki pertemuan ke-19 dari 30 pertemuan. Alhamdulillah saya tergabung dalam kelas Belajar Menulis Gelombang 26 Grup Belajar Menulis PGRI sehingga banyak memperoleh ilmu perihal kepenulisan

Materi pertemuan malam ini adalah "Pemasaran Buku". Dimulai pukul 19.00 - 21.00. Seperti biasa pertemuan kali ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu :

1. Pembukaan

2. Paparan materi

3. Tanya jawab

4. Penutup

 

Peserta Kelas BM PGRI Gelombang 25 & 26, terus semangat untuk menulis dan  berkarya  mempersiapkan naskah buku solo sebagai salah satu syarat lulus dari Pelatihan Belajar Menulis. Draft untuk buku solo segera rampungkan kemudian disatukan dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah.

Juga  menyiapkan daftar isi, prakata, sinopsis dan semua perlengkapan naskah buku solo. Di Kelas BM Gelombang 25 & 26 diberikan kebebasan untuk memilih Penerbit untuk menerbitkan buku solo, termasuk ke Penerbit Andi.

CV Narasumber,



Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.      Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.      Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Strategi Pemasaran

A.      Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

1.      Pentingnya Transformasi Digital

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

v  Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

v  Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

v  Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

v  Menaikan penjualan dan profit

v  Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

v  Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

v  Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

 

2.      Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...

B.      Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.      Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

v  Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

v  Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

v  Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

v  Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

-           Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya d an Supervisor

            Contoh Display Buku dan Promo



 

2.      Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-           Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

v    Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

v    Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura

Demikian yang dapat disampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang.Penerbit Andi  sebagai “Tenaga pemasaran Buku “ sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

Rangkuman sesi Tanya jawab

 

1.      Penerbit Andi merupakan penerbit Mayor sehingga tidak  menerbitkan buku hanya sebanyak 25 eks karena  penerbitannya berdasar aspek aspek penilaian dari ideoligi ilmu editorialnya, pasanya, reputasi  penulis dan berdasar kajian-kajian

2.      Hal penting yang menjadi pertimbangan menentukan strategi pemasaran adalah

v  Tentang target pasar jenis buku yang ditulis sesuai target pemasaran

v  Berdasar potensi pasar

3.      Pemasaran digital lebih disenangi daripada pemasaran tradisional  harus menilai dari sisi pelanggan dan dari sisi kualitas

4.      Cara kerja komunikasi pemasaran  terintegrasi dengan pihak produksi atau perusahaan Cara perusahaan mencapai komunikasi pemasaran yang terintegrasi yaitu penerbitan buku dulu kemudian berapa jumlah yang harus diterbitkan dan dimasukkan juga komunikasi terintegrasi dengan pihak produksi. Setelah selesai cetak, maka akan masuk departemen penjualan yg terkoneksi dengan tim marketing. Langkah pertama marketing adalah tahu tentang produk, hafal potensi produk tersebut kemana dan sasarannya untuk siapa, pintar menjalin hubungan dengan customer setelah itu bagaimana bisa closing. 

5.      Cara kerja komunikasi pemasaran dalam perusahaan adalah setiap tenaga marketing harus ada target kunjungan per hari rata-rata 4-8 kunjungan dan harus ada laporan.  

6.      Yang harus diketahui penulis sebelum menerbitkan buku adalah

v  Menulis hal-hal yang tidak kita kuasai

v  Tahu tentang potensi pasar 

v  Pemetaan dengan jelas

v  Persyaratan penerbitan buku

7.      Dalam menentukan penerbit kita lebih baik kita sesuai dengan genre nya  Penerbit mayor menerbitkan semua kategori.

8.      Untuk penerbitan buku oleh penerbit mayor,  sebagai penulis akan mendapat royalti.  Perjanjian/kontrak itu dibuat diawal kah atau setelah buku akan terbit Royalti atau perjanjian dilakukan di awal sebelum buku diterbitkab. Royalti dibeikan 6 bulan sekali antara 5-10% dari harga nilai buku tersebu.

Clossing Statement

v  Menulis adalah berjuang , Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama – lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.

v  "Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

v  Marilah terus berkarya lewat tulisan yg dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat

v  Satu kalimat motivasi dari BM 23 : Jangan takut melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dari satu langkah. Bermimpi, percaya dan buat itu terjadi, kita dapat melakukan apapun asalkan kita percaya. Jangan sembunyikan potensimu karena dengan potensi itulah engkau dihargai.

Terimakasih  kepada Narasumber dan Moderator .

Wassalamualaikum Wr Wb

Selamat malam dan salam literasi.

Kebumen, 29 Juni 2022

Maryani

 

1 komentar:

Cahaya Doa

 Cahaya Doa Ada gelora yang dahsyat Berkecamuk dalam amarah  Memendam segala rasa Dan tumpah dalam kata Engkau yang kini berdiam di hati ...